Sabtu, 14 Juni 2014

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Cantik Wajib Dikunjungi 2014

  10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Wisata-cantik.blogspot.com – Potensi Pariwisata Alam di Jawa Tengah LengkapTerbaru 2014. Tempat wisata di Jawa Tengah sangatlah beraneka ragam. Berbagai macam objek wisata seperti itu bisa anda kunjungi di setiap kota yang ada di provinsi tersebut. 
 
Jawa Tengah yang ibukota provinsinya Semarang yang sekaligus merupakan kabupaten tentu mempunyai daftar kabupaten/ kota yang juga banyak sekali kurang lebih ada 35, jadi anda bisa memilih mana yang ingin anda kunjungi untuk tujuan wisata di waktu senggang. Untuk daftar tempat wisata yang ada di Jawa Tengah bisa anda temukan di bawah ini, selain itu anda bisa mengetahui alamat tempat wisata yang ingin anda tuju.
Mengisi liburan bersama sanak keluarga dengan berwisata ke Jawa Tengah bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk para traveler. Apalagi jika travelers belum pernah ke provinsi tersebut sebelumnya. Ada begitu banyak pilihan objek wisata, kami merangkumnya 10 yang paling asyik menarik untuk anda. Wisata Alam, Wisata Pantai, Agrowisata, Wisata Museum, Wisata Danau, Wisata Gunung, dan lainnya.Check it out!
1. Museum Kereta Api, Ambarawa.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Tempat pertama yang asyik dikunjungi yaitu Museum Kereta Api Ambarawa di Jl Stasiun Ambarawa No.1, Ambarawa. Dulu, sebelum mejadi museum, tempat ini adalah stasiun kereta api yang dibangun oleh kolonial Belanda. Di Museum ini anda bisa melihat kereta uap dengan nomor lokomotif B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslinge.
Kereta uap yang memiliki gerigi di bagian bawahnya ini masih berfungsi dengan baik dan dijadikan kereta wisata. Dengan tariff Rp 50.000 per orang, travelers bisa menikmati pemandangan Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu serta hamparan rawa pening di bagian bawahnya, dari jendela kereta antic ini. Seru kan! 
2. Dieng Plateu, Wonosobo.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Mau melihat negeri di atas awan, datang saja ke Dieng Plateu. Terletak di ketinggian sekira 2.000 mdpl, membuat suhu di tempat ini sangat dingin. Suhu bahkan bisa mencapai minus 10 derajat celcius di bulan Juli dan Agustus. Jangan lupa kenakan pakaian hangat sangat mengunjungi tempat ini.

Ada banyak yang bisa dikunjungi di kawasan Dieng ini, salah satunya yaitu Kawah Sikidang. Keunikan kawah ini adalah letaknya yang bisa berpindah-pindah karena fenomena alam. Selain itu ada telaga warna yang sangat cantik. Anda bisa melihat airnya memantulkan warna hijau, biru dan ungu ketika terkena sinar matahari terbit. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera Anda. 
3. Umbul Sidomukti, Semarang.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Umbul Sidomukti merupakan tempat yang paling cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Semua yang anda butuhkan untuk ‘bersenang-senang’ bersama keluarga ada di tempat ini. Fasilitas seru seperti kolam renang alam, outbound training, permainan pemicu adrenalin, camping ground dan vila.
Favorit pengunjung di tempat ini yaitu kolam renang alam. Dinding bebatuan kolamnya serta lokasinya ketinggian 1.200 mdpl membuat panorama dari kola mini terlihat spektakuler. Selain itu, pilihan kegiatan seru lainnya ada flying fox dan marine bridge yang memacu adrenalin. Ingin menginap, anda bisa mendirikan tenda di camping ground. Atau, sewa saja vila yang disediakan di sana, mudah bukan? Tempat wisata keren ini terletak di Desa Sidomukti, Semarang.


4. Agrowisata Kaligua Kaligua, Brebes.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Perkebunan Teh Kaligua merupakan kawasan wisata agro dataran tinggi. Berada di Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Perkebunan teh Kaligua merupakan warisan pemerintahan kolonial Belanda. Pabrik dibangun pada tahun 1889 untuk memproses langsung hasil perkebunan menjadi teh hitam.
Tiket masuk : Rp.15.000,00
Tempat-tempat yang bisa dikunjungi :
  • Ranjeng = Danau yang ada diatas bukit, dan dihuni hanya oleh ikan lele,
  • Goa jepang= goa peninggalan Jepang,
  • Pancuran pitu = tujuh pancuran air yang langsung dari sumbernya, dan konon katanya berkhasiat untuk awet muda, serta bisa mendatangkan jodoh yang cantik atau ganteng,
  • Outbound = net climbing, burma bridge, burma swim, multiline traverse, flying fox,
  • Makam Pendiri kebun Van De Jong.
5. Lawang Sewu, Semarang.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Lawang Sewu, bangunan bekas peninggalan kolonial Belanda ini telah menjadi ikon Kota Semarang. Letaknya di tengah kota, persisnya di daerah Simpang Lima yang terkenal. Sejarah, keunikan dan keindahan arsitekturnya membuat bangunan ini menjadi objek wisata favorit di Semarang.
Sebutan Lawang Sewu yang memiliki arti seribu pintu, diberikan oleh masyarakat karena bangunan ini memiliki jumlah pintu dan jendela yang sangat banyak dan berukuran besar. Inilah daya tarik utama bangunan ini yang terlihat gagah ini. Tiket masuk ke Lawang Sewu sebesar Rp 10.000. Jika nyali anda besar, boleh mencoba wisata malam di ruang bawah tanahnya dengan didampingi pemandu lokal. 
6. Air Terjun Grojogan Sewu, Karanganyar.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu memiliki ketinggian 81 meter yang terletak di kawasan ini. Grojogan Sewu yang berarti “seribu air terjun”, air terjun ini terletak di dalam sebuah kawasan hutan lindung seluas 20 ha.  Secara administratif, kawasan Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 
7. Baturraden, Banyumas.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Lokawisata Baturaden (atau Baturaden saja) terletak di sebelah selatan Gunung Slamet memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin di malam hari. Selain memiliki panorama alam yang cantik, Baturaden juga memiliki banyak legenda rakyat, salah satunya cerita lutung kasarung yang terkenal.

Baturraden terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet. Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat.

Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Tak hanya menyimpan panorama alam yang molek, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia.

Selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang memadai. Di samping, bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan sate kelinci.
8. Pantai Teluk Penyu, Cilacap.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Satu lagi keindahan alam Indonesia yang tidak ada habisnya, Pantai Teluk Penyu yang merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah selain Benteng Pendem. Sangat cocok sebagai pelepas penat dan penghilang stres.

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.
Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.

Di Pantai Teluk Penyu pengunjung bisa memancing di tepian. Sambil memancing di hampar tiupan angin yang menyegarkan tubuh kita.
9. Candi Borobudur, Magelang.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.
Candi Borobudur merupakan monumen Buddha termegah dan kompleks stupa terbesar di dunia yang diakui oleh UNESCO. Bangunan Candi Borobudur secara keseluruhan menjadi galeri akan mahakarya para pemahat batu.
10. Museum Keraton Surakarta, Solo.
 10 Objek Wisata di Jawa Tengah Paling Asyik Menarik 2014
Ulasan Selengkapnya: Wisata di Kota Solo
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah salah satu warisan budaya yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi, karena dari sinilah cikal bakal kota Surakarta ini bermula. 
Berkunjung ke keraton Surakarta, seolah kita akan dibawa untuk menjadi saksi tentang kejayaan kerajaan Mataram yang telah dibagi menjadi dua pada perjanjian Giyanti, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Saat ini, yang sedang bertahta di keraton Surakarta yaitu Gusti Hangabehi yang telah diangkat menjadi ISKS Paku Buwana XIII.

Di Keraton Surakarta ini kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan kerajaan yang terdapat di dalam museum. Untuk memasuki museum yang berada di dalam area kraton, diwajibkan memakai sepatu dan bercelana panjang. Bagi yang memakai sandal disarankan untuk dilepas sehingga tanpa alas kaki alias cekeran, bagi yang bercelana pendek akan dipinjami sebuah kain yang dibelitkan dari pinggang hingga ke kaki menyerupai ketika memakai jarik. Tiket masuknya tergolong murah, masih di bawah Rp. 10.ooo,-.

Di dalam area keraton, selain bisa menikmati museum, kamu juga akan mengenal lebih dekat bagian-bagian keraton seperti Panggung Sanggabuwana, Sasana Handrawina, Sasana Sewaka, Ndalem Ageng Prabasuyasa, dll. Hamparan pasir putih yang terdapat di dalam area keraton adalah pasir yang diambil dari pantai Selatan.

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke keraton Surakarta, silahkan datang setiap Senin-Jumat mulai pukul 09.00-14.00 dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00.

Sekian update informasi kali ini seputar 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Indah Terbaik 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi buat anda yang sedang bingung menentukan destinasi objek wisata di Jateng. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar