Jumat, 08 Agustus 2014

Wisata Cantik Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang di Padang


Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Wisata-cantik.blogspot.com - Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang merupakan salh satu lokasi objek wisata yang sangat terkenal di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang di Sumatera Barat. 

Malin Kundang adalah karakter dalam dongeng yang berubah menjadi batu, bersama-sama dengan kapalnya, setelah durhaka kepada ibunya. Di tepi pantai, terdapat batu Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya, yang juga berubah menjadi batu. Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya karena menolak untuk mengakui ibunya setelah bepergian ke daerah lain dan menjadi kaya. 
Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat.
Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat. 
Ternyata Batu Malin Kundang ini berada di Pantai Air Manis yang merupakan tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan asing karena memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan indah Gunung Padang. Ada juga sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan. 
  Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Anda bisa berkeliling pantai dan menyebrang ke Pulau Pisang Kecil. Pengunjung juga bisa menyewa perahu motor untuk mengunjungi Pulau Sikuai yang terletak di sebelah Pulau Pisang. Dekat pantai, ada restoran yang menjual ikan bakar, nasi Kapau dan makanan ringan lainnya. 
Pantai Air Manis terletak 15 km dari pusat kota Padang. Dari bandara internasional Minangkabau, pengunjung bisa pergi ke Air Manis dengan melalui kota Padang. Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, pertama Anda harus pergi ke Plaza Sentral Pasar Raya dari pintu keluar bandara di Simpang Ketaping. Dari pusat kota, Anda dapat mengambil angkutan umum dengan trayek Padang-Bungus. 
Selain bermain di air dan berenang, pengunjung bisa menyewa perahu motor untuk mengunjungi pulau Pisang Kecil dan Pisang Besar, kepulauan yang terletak sekitar 500 meter dari pantai. Di Pulau Pisang Kecil, pengunjung bisa duduk di bawah gazebo dan menikmati pemandangan laut dan pantai. Jika Anda ingin bermalam di pulau Pisang Besar, Anda bisa tinggal di rumah penduduk setempat atau tenda Anda sendiri. 
 Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Ada banyak hotel di dekat pantai Air Manis. Anda juga bisa melakukan perjalanan satu hari ke Padang, atau menginap di Pisang Besar atau Pulau Sikuai.Jika Anda mengunjungi pantai Air Manis, Anda harus mempersiapkan pakaian ekstra di dalam tas Anda. Karena Anda pasti akan tergoda untuk berenang atau berjalan-jalan ke Pulau Pisang Kecil. Di tepi pantai Air Manis, ada kios yang menjual berbagai suvenir, seperti kaos, pakaian, tas dan kerajinan lainnya. Beberapa kios ada yang menjual kerajinan yang terbuat dari batu karang dengan harga mulai dari Rp5,000 sampai Rp50,000. 
Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Lokasi 
Secara geografis Batu Malin Kundang terletak di daerah Pantai Air Manis, Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Provinsi Sumatera Barat.
Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Akses 
Untuk menuju ke lokasi wisata legenda ini Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda empat atau juga roda dua. Karena jalurnya yang sempit, maka Anda diharuskan untuk berhati-hati, walaupun jalannya sudah diaspal, tetapi lebarnya hanya 4 meter saja. Sangat disarankan agar kecepatan kendaraan Anda cukup 40 Km/jam, apalagi ketika cuaca sedang hujan. Dengan hanya menempuh lebih kurang 20-30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang, maka Anda sudah dapat menikmati tempat ini. 
 Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang
Fasilitas dan Akomodasi 
Jika Anda ingin berlama-lama menikmati Pantai Air Manis, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat bermalam di sekitar kawasan wisata pantai, karena tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau, karena sebagian besar penginapan tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk urusan makan, tersedia warung makan yang berada di sepanjang Pantai Air Manis. Selain itu beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toko souvenir, toilet umum, persewaan papan selancar dan tempat ibadah juga sudah tersedia.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens) 
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke) 
Follow Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Sekian update informasi kali ini seputar Objek Wisata Pantai Air Manis & Batu Malin Kundang - Sumatera Barat. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda yang suka traveling dan akan berlibur bersama keluarga. Salam.

1 komentar: